CARA MENCEGAH DAN MENGATASI CIDERA OTOT SAAT MENDAKI GUNUNG


Mendaki memang sangat menyenangkan. Tapi, akan terasa sangat merepotkan ketika kaki atau anggota tubuh yang lain terkena kram. Akibatnya,  perjalanan mendaki menjadi terganggu dan serasa membuang-buang waktu.

Kram adalah pengerutan pada otot, yang muncul secara tiba-tiba dan menyebabkan nyeri. Kram otot pada kaki yang sering terjadi pada pendaki gunung sendiri diakibatkan oleh dehidrasi, cidera, atau kelelahan otot karena digunakan berjalan terus-menerus. Untuk mencegah adanya kram otot kaki, kamu bisa membiasakan latihan fisik sebelum mendaki gunung. Jika ternyata kamu lupa melakukan langkah pencegahan kram dan sudah terlanjur mengalami kram otot, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya:

1. Hentikan aktivitas perjalananmu dan lemaskan otot kakimu (rileks)
Usahakan jangan memaksa kakimu untuk terus berjalan ketika kamu merasakan gejala kram otot.

2. Cobalah untuk duduk, rileks, dan letakkan kakimu lebih tinggi dari organ jantung, Salah satu penyebab adanya kram otot adalah adanya gangguan sirkulasi darah karena penyempitan otot, dengan meletakkan kaki lebih tinggi dari jantung bisa membantu kamu untuk menstabilkan sirkulasi darah di kaki kamu.

3. Tarik jempol kaki kamu ke arah tubuh biar otot kakimu bisa kembali meregang, Jangan terlalu berlebihan melakukan langkah ini. Lakukan perlahan agar otot kaki tidak cidera, Minta bantuan teman mendaki kamu jika kamu kesulitan melakukannya sendiri.

4. Pijat betis atau bagian tubuh kamu yang merasakan kram dengan perlahan-lahan dan hati-hati. Usahakan tetap rileks, jangan langsung memutuskan untuk melanjutkan perjalanan sebelum kamu benar-benar menghilangkan rasa kram kamu.
5. Minumlah air putih yang cukup, jangan biarkan dehidrasi membuat peredaran darahmu kembali mempengaruhi kinerja otot kamu.

Meskipun kram adalah hal yang sepele, nyatanya rasa sakitnya sangat menyiksa. Jangan sampai kamu tidak tahu cara mengatasinya. Yang pasti, kamu wajib melakukan pencegahan kram sebelum mendaki. Urusan nanti terkena kram atau tidak, setidaknya kamu sudah mencoba meminimalisirnya.

Selamat mendaki, keep safety guys

 @balabalaadventure

Bagi kamu yang di Kota Medan dan sekitarnya ,mau sewa alat camping bisa di SOHIB CAMP SEWA ALAT CAMPING MEDAN

TELP/WA 082165503612


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Sewa Tenda Sohib Camp Sewa Tenda Camping Medan

Keindahan bukit Holbung

Harga sewa selain Tenda semisal Carrier Kompor Nasting